Selasa, 27 Januari 2015

Contoh Soal Pendidikan Agama Hindu

Pendidikan Agama HinduTambahan soal untuk persiapan uas
Coba kerjakan soal-soal berikut dengan singkat namun jelas

  1. Saudara mengenal sebagai dasar keimanan HIndu adalah Panca Sradha. Coba saudara jelaskan, koneksitas antara satu dengan lainnya kelima Sradha tersebut.
  2. Apa perbedaan antara Weda Cruti dan Weda Smreti, coba saudara jelaskan. Menurut saudara Bagawadgita termasuk jenis mana?.
  3. Tujuan Hidup umat Hindu tertuang dalam Catur Purusaartha. Coba saudara perhatikan tujuan Negara Republik Indonesia yang tersurat pada Pembukaan UUD 1945. Apakah ada koneksitas antara keduanya terutama untuk kesejahteraan, maupun keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  4. Kesetaraan  gender menjadi tuntutan dalam perjuangan kaum wanita saat ini. Bagaimana menurut saudara apa dalam Hindu ada kesetaraan gender. Jelaskanlah
  5.  Dalam membangun masyarakay 'madani' umat HIndu dituntut perannya untuk mewujudkan bersama umat lainnya. Coba saudara sebut dan jelaskan indikator dari masyarakat madani tersebut!
  6. Dalam Yadnya kita kenal ada Panca Yadnya. Coba saudara sebutkan kelima nya dan, coba saudara jelaskan mana yadnya yang harus kita dahulukan.
  7. Dalam kerangka dasar agama Hindu kita kenal : Tatwa, Susila dan Upacara. Dikaitkan dengan membangun moralitas bangsa bagaimana menurut saudara , sebaiknya yang harus kita lakukan sebagai umat Hindu?.
  8. Dikaitkan dengan ilmu pengetahuan, maka weda telah melampaui jamannya, dan sangat futuristik. Apa yang disebutkan dalam weda dapat dibuktikan secara ilmiah. Coba saudara ceritakan beberapa peristiwa alam yang telah disebutkan dalam weda yang terkait dengan bidang yang saudara pelajari di STMKG.
  9. Dalam ajaran Hindu, 'roh' dari pemberantasan dan pencegahan korupsi telah ada sejak Kerajaan Hindu Kuno ada di Indonesia. Bagaimana menurut saudara relevansi ajaran Hindu yang terkait dengan itu, jelaskanlah!
  10. Tri Hita Karana merupakan sasanti yang dibangun dengan konsep dan ajaran Agama Hindu. Coba saudara jelaskan tentang Tri Hita Karana tersebut.
  11. Agama Hindu tidak demokratis karena adanya Catur Warna. Bagai mana pendapat saudara terhadap pernyataan ini?
  12. Saudara adalah seorang pertapa yang sangat menjujung tinggi kejujuran. Pada suatu hari ada seorang pencopet karena kepergok melakukan pencopetan datang berlindung di tempat pertapaan saudara. Beberapa lama kemudian datang seorang hendak menangkap pencopet tersebut, untuk diberikan hukuman pancung. Saudara menerima petugas tersebut. Apa yang kira-kira yang akan saudara lakukan.

0 comments:

Posting Komentar