Minggu, 18 Januari 2015

Penuntun Menjawab Fisika Batuan STMKG Geofsika smt-5



STMKG Smester – 5 Geofisika.
Penuntun Pemecahan Fisika Batuan

1.       Porositas : kalian sebutkan definisi dan rumusnya. Kemudian saudara jelaskan apa pengaruh porositas semakin tinggi, atau semakin kecil, kemudian bagaimana kalau dia terisi dengan fluida. HUbungannya dengan kecepatan gelombang elastic, semakin besar porositas semakin kecil kecepatan gelombang elastiknya, akan tetapi menjelang titik jenuhnya akan penurunannya eksponensial, tidak sederastis penurunan saat kenaikan awal porositas. Saudara lihat beberapa gambar yang pernah diberikan.
2.       Respons batuan terhadap beban yang diberikan, dapat digolongkan menjadi : elasti, plastic, dan ductile. Saudara jelaskan dengan kurva, dimana letak daerah elastic, daerah plastis, dan daerah duktilitas, dengan titik kritisnya masing masing.
3.       Kalau gaya diberikan terus menerus pada batuan homogen, semi homogeny dan heterogen maka batuan akan memberikan respon yang dijadikan dasar penggolongan type gempa : 1. Tipe-1 akan mengalami gempa –main shock-tanda foreshock, dengan sedikit after shock; 2. Tipe-2 akan  mengalami gempa –main shock- dengan fore shock dan banyak after shock, dan 3. Tipe -3 dengan rangkaian gempa atau shock, tanpa main shock. Ingat tipe gempa!
4.       Gelombang P sangat terkait dengan Pressure baik Tekanan atau tensi. Gelombang S sangat terkait dengan Gaya geser, sedangkan untuk gelombang permukaan sangat tergantung posisi rambatnya di bidang batas, apakah bidang batas antar batuan, atau bidang batas dengan udara.
5.       Saudara dapat menurunkannya dengan model 1 dimensi, dua dimensi, atau tiga dimensi. Atau saudara juga bisa melihat pda penurunan kecepatan gelombang mekanik dalam Fisika Gelombang. LIhat kembali Pelajaran Seismologi.

Coba cek kembali pekerjaan saudara….. berapakah kira-kira nilai sudara

0 comments:

Posting Komentar