Minggu, 15 Juli 2018

Contoh soa; Fisika Batuan

Soal-1

1.       Apa yang saudara ketahui dengan porositas, dan tunjukkan lah hubungan antara porositas dengan kecepatan gelombang elastic, tunjukkan pula dengan kurva atau gravik  𝟇 vs Vp dan 𝟇 vs Vs;
2.       Berbagai cara digunakan untuk menggolongkan jenis batuan. Namun dalam Fisika Batuan kita kenal penggolongan batuan dengan meliat respons batuan tersebut terhadap beban atau gaya yang diberikan kepadanya. Coba saudara terangkan pembagiannya, serta dilengkapi dengan gambar yang menunjukkan wilayahnya masing-masing.
3.       Bila ada tiga jenis batuan, yaitu homogeny, semi homogeny dan heterogen. Semuanya diberikan beban bagaimanakah respons masing-masing batuan tersebut .
4.       Jelaskan apa menurut saudara yang menyebabkan adanya perbedaan vibrasi dan penjalaran masing-masing gelombang P. S , R dan R
5.  Coba saudara turunkan  kecepatan gelombang secara matematis dari persamaan gelombang, Hukum Hooke atau Hukum Newton. Pilihlah cara yang saudara fahami

Soal-2


1.       Apa yang dimaksu dengan Physical Properties of Rock. Coba saudara jelaskan dan berikan contohnya untuk lima jenis saja.
2.       Coba saudara gambarkan dengan baik dan jelas serta isi penjelasan gember tersebut tentang elastisitas batuan.
3.       Turunkanlah sebuah persamaan gelombang elastis. Bila perlu lengkapi dengan gambar
4.       Tipe gempabumi sangat terkait dengan homoginitas batuan, bagaimana hasil penelitian lab K Mogi dikaitkan dengan getaran yang terekam pada batuan dan tipe gempabumi.
5.       Untuk mengetahui variasi densitas batuan disuatu tempat dilakukan dengan metode gravitasi. Coba jelaskjan urutan koreksi pada analisis hasil pengukuran gravitasi.
6.       Untuk mengetahui posisi lapisan air tanah digunakan metode geolistrik, Coba saudara jelaskan metode ini dari segi peralatan yang digunakan dan prinsip kerjanya.
7.       Untuk mengetahui umur natuan dikenal umur relative dan umur mutlak. Coba saudara jelaskan apa yang dimaksud dengan kedua umur tersebut dan cara untuk mengetahuinta.
Gekombang seismic dikenal ada henis gelombang badan dan gelombang permukaan. Coba saudara jelaskan, dan gelombang mana yang mempunyai kecepatan paling rendah


0 comments:

Posting Komentar