Senin, 26 Januari 2015

Materi Soal Latihan Kuliah Fisika Batuan



FISIKA BATUAN
PERSIAPAN UJIAN AKHIR SEMESTER
Jurusan Geofisika Smt 5

Kerjakanlah soal ini dengan singkat dan jelas, bila perlu lengkapilah dengan gambar.
1.       Sifat fisis batuan sangat menentukan proses fisis lainnya berlangsung dalam batuan tersebut. Coba saudara jelaskan dengan porositas dan densitas. Bagaimana pengaruh kedua sifat fisis batuan ini –porositas dan densitas- terhadap kecepatan penjalaran gelombang elastic terutama Vp dan Vs.
2.       Gelombang utama yang dikenal pada penjalaran gelombang seismic yaitu gelombang badan ( P dan S) serta gelombang permukaan (L dan R) . Jelaskanlah apa perbedaan gelombang gelombang tersebut ditinjau dari pembangkit –pada sumber-, medium pada perambatannya serta dampak yang diakibatkannya saat menggoyang bangunan dipermukaan bumi.
3.       Sifat fisis batuan homogeny dan isotropic sering kita gunakan sebagai asumsi dalam pembahasan proses fisis yang berlangsung pada batuan. Jelaskanlah dampak shock atau gempa yang diakibatkan oleh gaya konsiten –kontinyu dan besar tetap- yang bekerja pada batuan  : homogeny, semihomogen dan heterogen. Ingat pembagian tipe gempabumi.
4.       Susestibilitas, merupakan besaran fisis yang sangat penting dari batuan bila kita meneliti sifat kemagnetan batuan tersebut. Jelaskan jenis- jenis batuan bila ditinjau dari susetibiltasnya. Serta sebutkan algoritma pengukuranny dengan metode magnetic  dilapangan .
5.       Resistivity merupakan besaran fisis dalam sifat kelistrikan batuan. Bila kita mengukur sifat kelistrikan batuan besaran apa yang kita ukur. Coba jelaskan bagai mana cara saudara sampai mendapatkan besaran tersebut. Pilih salah satu metode yang digunakan,
6.       Dalam mengetahui stratigraphi suatu lapisan batuan di suatu tempat digunakan metode radio aktip. Jelaskanlah sifat radioaktivitas yang digunakan dalam metode ini, dalam menentukan umur absulut suatu lapisan batuan, yang diyakini lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan umur fosil index.
7.       Bulk Modulus, banyak dikaitkan dengan strain volum akibat tekanan hidrostatik. Coba saudara jelaskan hubungan Bulk modulus ini dengan kecepatan gelombang, terutama gelombang P dan S.
8.       Dalam merespon gaya yang bekerja pada batuan, baik berupa gaya kompressi, tensi atau gaya geser, maka batuan dikenal istilah elastic, plasik dan ductile. Coba saudara gambarkan kurva hubungan stress – strain terkait kondisi ini, lengkap dengan tititk-titik kritis, wilayah masing-masing kondisi.
9.       Semakin dalam masuk kedalam permukaan bumi diketahui bahwa densitas batuan akan semakin besar. Diketahui pula bahwa kecepatan gelombang elastic pada batuan berbanding terbalik dari akar densitas. Dapatkah saudara jelaskan kenapa justriu pada kenyataannya kecepatan gelombang elastic pada kedalaman yang semakin besar menjadi semakin besar. – lihat salah satu presentasi-
10.   Dalam menggunakan metode gravitasi yang diukur adalah pengaruh massa terhadap medan gravitasi yang diakibatkannya. Coba saudara jelaskan, dalam meted gravitasi untuk mengetahui sifat fisis batuan algoritma pengukurannya. Yang saudara plot dalam peta itu apakah nilai absulut gravitasi, apa nilai anomaly gravitasinya dari keadaan normal. Jelaskan jawaban saudara.
11.   Di daerah mid ocean ridge, terjadi aliran material dari dalam bumi ke permukaan karena adanya arus konvektif.  Proses ini menyebabkan proses penyebaran material. Jelaskan bagaimana pendapat saudara terhadap profil pengukuran sifat  magnetic, dan gravitasi di daerah tersebut.

Selamat Belajar!

0 comments:

Posting Komentar