Minggu, 25 Januari 2015

Fisika-1 Soal-soal tambahan untuk persiapan UAS



Latihan Fisika-1 sesi 2 STMKG Untuk Persiapan UAS Kelas 1,  smt 1 Kelas Klimatologi dan Instrumentasi

1.       Lintasan bermain ski panjangnya 1800 meter dari titik start sampai titik finish , dengan jarak vertical 550 meter. Berat pemain ski dan perlengkapannya adalah 900 N. Waktu yang diperlukan menempuh jarak tersebut dari keadaan diam adalah 65 detik.
a.       Hitunglah laju rata-rata pemain ski dalam melintasi jarak tersebut?
b.      Berapa hilangnya energy gravitasi ( enegi potensial) dalam gerakan tersebut?
c.       Bila gaya gesekan selama gerak besarnya sebesar 200 N, hitunglah energy yang diperlukan untuk melawan gesekan tersebut?
2.       Suatu kawat dengan diameter 2 mm dan panjang 4 meter, kawat tersebut digunakan untuk menggantung benda yang bermassa 5,0 kg. Modulus Young kawat adalah 200 × 109 N/m2. Berdasarkan informasi tersebut hitunglah :
a.       Pertambahan panjang kawat
b.      “Konstanta pegas” untuk ka
3.      Kabel aluminium memiliki diameter 1,5 mm dan panjang 5,0 m. Kabel tersebut emudian digunakan untuk menggantung benda yang memiliki massa 5,0 kg. modulus Young aluminium adalah E = 7 × 1010 N/m2.  Hitunglah :
a)      Stress yang bekerja pada kawat!
b)      Strain kawat
c)       Konstanta pegas
4.       Gerbong kereta api yang massanya 10 000 kg dan bergerak dengan laju 24,0 m/s menumbuk gerbong serupa yang sedang diam. Akhirnya, kedua gerbong tersambung dan bergerak bersama. Berapa laju gabungan dua gerbong tersebut?

5.       Peluru yang memiliki mass 18,0 gram dan bergerak dengan laju 230 m/s mengenai sebuah balok yang bermassa 182,0  gram tergantung bebas kemudian menacap diam kedalam balok tersebut, yang tergantung pada tali yang panjangnya 2,8 m. Akibat tumbukan oleh peluru, balok menyimpang ke atas pada lintasan lingkaran. Berapakah simpangan maksimum balok dalam arah vertikal dan horisontal

6.       Batang AB yang panjangnya 150 cm bertumpu pada kedua ujungnya A dan B. Pada ititik C bekerja gaya 120 N, pada titik D bekerja gaya 100 N serta dititik E bekrja gaya 150 N. Diketahui pula berat batang AB 200 N, AC = 30 cm, CD = 15 cm dan BE = 50 cm. Dengan titik C,D dan E semua terletak diantara A dan B. tentukanlah gaya Normal yang bekerja di A dan B bila batang ada dalam keadaan setimbang.

7.       Tiga massa yang masing masing m1 = 5 kg ada di A ( 2,2) , m2 = 8 kg ada di B (8,3 ) dan m3 = 10 kg di C ( 5,10). Tentukanlah titik berat ketiga massa tersebut bila dihubungkan oleh batang yang massanya dapat diabaikan.

8.       Sebuah benda 2 kg digantung vertikal pd pegas sehingga mengakibatkan peregangan pegas 10 cm. Kemudian benda dan pegas diletakkan di atas meja licin horizontal. Ujung lain pegas dibuat tetap pd sebuah titik di meja. Benda ditarik 5 cm dr posisi setimbangnya dan dilepas pd saa t = 0. (a) Tentukan amplitudo A, frekuensi sudut ω, frekuensi f dan periode T. (b) Berapa kecepatan maksimum benda? (c) Kapan kecepatan maksimum tsb pertama kali dicapai? (d) Jika benda tsb mula-mula berada di posisi x0 = 3 cm dan memiliki kecepatan awal v0 = - 25 cm/s, tentukanlah amplitudo dan konstanta fase gerak benda tsb.

9.       Sebuah bola uniform beradius 100 m dan berdensi-tas 2000 kg/m3 berada dlm ruang bebas yg jauh dr benda masif lainnya. (a) Hitunglah medan gravitasi di luar bola sbg fungsi r. (b). Hitunglah medan gravitasi di dlm bola sbg fungsi; c). Gambarkanlah kurva medan gravitasi tersebut.

10.   Sebuah partikel bermassa 2,4 kg bergerak dlm suatu lingkaran beradius 1,5 m dg kelajuan 3
m/s.   (a) Hitunglah momentum angular partikel relative terhadap pusat lingkaran. (b) Hitunglah momentum angular partikel tsb relatif thd titik asal O, jika partikel bergerak dengan kecepatan 3 m/s sepanjang garis y = 1,5 m.

1 comments:

Beberapa pertanyaan masuk : dan jawabannya : untuk soal no 8 cari dulu konstanta pegas k dari kalimat pertama. gerakan peluru = gerak parabuka

Posting Komentar