Jumat, 16 Januari 2015

Latihan Soal untuk UAS STMKG



Soal-soal Latihan Fisika Dasar untuk persiapan UAS
STMKG Kelas Klimatologi dan Instrumentasi Semester 1.
Sesi-1
1.       Vektor A = 5i – 4j + 8 k dan Veltor B =  2i – 3 k tentukanlah Ax B da A.B

2.       Pilot mengarahkan pesawat ke selatan dengan laju 500 km/jam. Pada saat itu angin bertiup ke arah tenggara (ditengah-tengah antara arah selatan dan timur) dengan laju 100 km/jam. (a) Hitung kecepatan pesawat relatif terhadap tanah. (b) Berapa penyimpangan posisi pesawat dari posisi yang diharapkan pilot setelah 10 menit (misalkan pilot tidak melakukan koreksi selama waktu itu)?

3.       Sebuah boat yang memiliki laju 2,2 m/s pada air yang diam harus menyeberang sungai yang lebarnya 220 m. Diinginkan boat tersebut harus mencapai tempat di seberang sungai pada jarak 110 m di debelah atas titik tegak lurus aliran sungai dari posisi boat start. Untuk mencapai posisi tersebut, ternyata boat harus diarahkan membentuk sudut 45o terhadap garis potong sungai. Berapakah kecepatan aliran air sungai?

4.       Andi melemparkan kelereng pada jendela kamar Srintil . Tinggi jendela adalah 8 meter dan jarak tembok dari tempat berdiri Andi  adalah 9 meter. Romeo melempar kelereng tersebut sedemikian sehingga tepat saat mencapai jendela, kelereng tersebut hanya memiliki kecepatan arah horizontal. Berapa cepat kelereng mengenai jendela?

5.       Lintasan sebuah satelit mengelilingi bumi, dengan lintasan menyerupai lingkaran dengan jari-jari 384.000 km. Periode revolusi satelit tersebut  mengelilingi bumi adalah 27,3 hari. Berapa percepatan sentripetal satelit  ke arah bumi?

6.       Sebuah meluncur pada bidang miring sehingga bergerak sejauh 400 meter. Bila masa mobil itu 1,2 ton dan kemiriangan jalan dengan Sin α = 0,4 . Anggap g = 10 m/s2, tentukanlah usaha yang telah bekerja pada mobil tersebut dalam gerakannya sampai ke dasar bidang miring itu?.

7.       Sebuah katrol dengan kedua ujungnya talinya di beri beban massa yang berbeda m1 dikiri = 5 kg, dan m2 di kanan = 8 kg, bila g = 10 m/s2, tentukanlah tefangan tali dan percepatan pergerakan massa yang digantung. Katrol tanpa gesekan.

8.       Dua benda dengan massa m1 = 3 m2 , bila m2 = 3 kg. Kedua dihubungkan dengan tali dan berada diatas meja, m2 juga dihubungkan dengan m3 melalui katrol. Bila massa m3 = 8 kg maka sistem bergerak dengan kecepatan 2 m/s2. Hitunglah konstanta gesekan antara benda dengan permukaan meja bila kooefisien gesekan m1 dan m2 sama.

9.       Sebuah motor mula-mula diam dan bergerak dipercepat melintasi jalan yang melingkar dengan jari-jari 500 meter, pada wakti 11 detik setelah bergerak kecepannya menjadi 35 m/s. A. Hitunglah percepatan motor tersebut, dan b. Hitunglah percepatan sentripetal motor tersebut ketika kecepatannya 25 m/s.

10.   Pada lomba balap mobil di Sentul, sebuah mobil bergerak dengan percepatan menyinggung lintasan yang konstant pada lintasan berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 200 m. Dari keadaan diam, mobil mencapai ujung lintasan seperempat lingkaran dengan laju 320 km/jam. Berapakah percepatan menyinggung lintasan (tangensial) dan percepatan sentripetal mobil?

Diambil dari sebagian dari Diktat Fisika Dasar Fisika Dasar 1. Penerbit ITB Bandung, 

2 comments:

terimakasih, pak bos
sangat membantu

bnyak anak2 skrng gak sopan lagi sama dosen nya ya.

Posting Komentar