Jumat, 13 Februari 2015

Gambaran Jawaban Fisbat Geofisika





Jenis Batuan (google.co.id)
Berikut resume dan struktur jawaban UAS, coba saudara ingat-ingat lagi apa saudara sesuai atau sejalan dengan itu menjawabnya!

1.               Gelombang utama yang dikenal pada penjalaran gelombang seismic yaitu gelombang badan ( P dan S) serta gelombang permukaan (L dan R) . Jelaskanlah apa perbedaan gelombang gelombang tersebut ditinjau dari pembangkit –pada sumber-, medium pada perambatannya serta dampak yang diakibatkannya saat menggoyang bangunan dipermukaan bumi.
Saudara uraikan perbedaan antara gelombang P. S, R, dan L, dalam hal : pembangkitnya komponen normal stress strain untuk gel P, komponen shear untuk gelombang S; demikian juga untu R dan L. Posisi kejadiannya dimana , saudara uraikan persaratan medium bagaimana, P (padat, cair gas), S bagaimana demikian juga R dan L tentang pembangkitnya, medium bangkitnya, sifat jalarnya horizontal maupun vertical, demikian juga kecepatan dan sifat arah jalarnya saudara uraikan dengan singakt dan jelas. Akan lebih mudah kalau saudara membuat table Misalnya mendatar untuk jenis gelombang (P,S,R,L) dan vertical (pembangkit, mekanisme stress-strain pada sumber, sifat jalarannya, kecepatannya, dan sifat lainnya yang dimaksud di atas. Coba saudaea lihat softcopy materi, atau buku seismologi.
2.                   Dikaitkan dengan sifat phisis batuan, maka semakin dalam masuk ke dalam bumi densitasnya akan bertambah besar. Kecepatan gelombang badan berbanding terbalik dengan akar densitas media batuan yang dilalui gelombang tersebut. Dapatkan saudara jelaskan kenapa justru pada kenyataannya kecepatan gelombang badan semakin tinggi sejalan dengan bertambahnya kedalaman.
Saudara tuliskan rumjus Kecepatan gelombang V dan Gelombang S, saudara lihat disana kecepatan fungsi dari akar modulud elastok batuan (langsung) dan terbalik dengan akar densitas. Pengaruh modulus elastic batuan lebih dominan dibandingkan dengan pengaruh densitas dengan bertambahnya ekdalaman. Kalau bisa saudara lengkapi dengan kurva travel time terhadap kedalaman.
3.                   Di daerah mid ocean ridge, terjadi aliran material dari dalam bumi ke permukaan karena adanya arus konvektif. Bila saudara ingin menduga kecepatan penyebaran material tersbut, saudara dipersilahkan memilih salah satu metode yaitu ; gravitasi, magnet atau radioaktivitas. Pilihlah salah satu dan jelaskan bagaimana cara saudara untuk menginterpretasinya.
Yang paling tepat digunakan adalah metode radioaktivitas, namun metode magnet ataupun gravitas dapat juga hanya saja bagaimana saudara dapat memberikan argumentasi dikaitkan dengan ‘umur” atau waktu disini. Kalau di Perubahan iklim digunakan  year ring tree –lingkar tahun kayu-  Bobot jawaban akan sangat dipengarui uraian argumentasi.
4.                   Ditinjau dari homogenetas maka gaya yang sama akan diberikan pada batuan yang bersifat  honogen, semi homogen dan sangat heterogen. Bagaimana menurut perkiraan saudara terhadap getaran (shocks) yang akan terjadi jelaskan, bila perlu sertakan gambar.
Untuk menjawab ini dikaitkan dengan percobaan di lab terhadap pembebanan batuan dengan shock yang diakibatkannya. Oleh Mogi kemudian dikaitkan dengan type gempabumi. Banyak yang salah dalam menggambarkan yang mana untuk tipe I, II atau III banyak yang keliru asal gambar saja. Perhatikan mana disertai Fore, main dan after shock.

"Happy Week End dan Happy Valentine"

0 comments:

Posting Komentar