Minggu, 15 Desember 2013

Soal Agama HIndu AMG



AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA
SOAL  PENDIDIKAN AGAMA HINDU


Dari soal-soal dibawah ini akan dipilih sebagian sebagai soal dalam ujian semester, yang harus dikerjakan dalam waktu tertentu. Yang telah disediakan. Selamat mencoba.

1.       Ada persepsi keliru yang menganggap bahwa umat Hindu percaya dengan banyak Tuhan, madahal umat Hindu mengakui keesaan Tuhan Yang Maha Esa. Bagaimana saudara menjelaskannya kepada mereka yang memiliki persepsi demikian.
2.       Salah satu cara untuk melaksanakan ibadah atau kewajiban dalam beragama umat Hindu ditempuh dengan Yadnya, coba jelaskan!
3.       Tri HIta Karana, tiga hal yang menyebabkan kita sejahtera di dunia ini, coba saudara jelaskan apa maksudnya ?.
4.       Bagaimana pendapat saudara tentang kesetaraan gender dalam im[lementasi Agama Hindu?.
5.       Tiga basic hukum dalam Hukum Hindu, yang banyak mendasari Hukum Positif di dunia ini yaitu :  Rta,  Dharma, dan Hukum Karma, coba saudara jelaskan.
6.       Dalam politik hindu, pemimpin dan rakyat mempunyai tugasnya masing-masing. Dapatkah saudara jelaskan apa tugas pemimpin dan apa tugas rakyat dalam agama Hindu, menurut weda.
7.       Bagaimana pendapat saudara tentang peran ajaran Hindu –Hinduism- dalam kancah perpolitikan di Indonesia, sejak jaman perang kemerdekaan sampai era pembangunan saat ini!.
8.       Budaya Hindu sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tanpa disadari bahwa umat di luar umat Hindu masih melestarikan budaya Hindu tersebut. Bagaimana pendapat saudara terhadap hal ini?.
9.       Tujuan hidup umat Hindu adalah semangat perbaikan menuju moksa. Bagaimana pendapat saudara proses pencarian Catur purusartha, kalau dikaitkan dengan tahapan hidup manusia pada Catur asrama.
10.   Ada beberapa jalan atau marga, yang dapat ditempuh dalam mencapai tujuan agama Hindu, diantara nya adalah : Jnana Marga, Bhakti Marga, Karma Marga, dan Yoga. Mana yang  menurut saudara yang harus didahulukan sebagai prioritas?.
11.   Dalam kaitannya dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi, weda sangat futuristic, diantaranya telah menjelaskan tentang teori dualism cahaya, dengan menganggap bahwa cahaya itu bindhu (partikel) atau nada (gelombang). Dapatkah saudara jelaskan beberapa hal yang terkait dengan bidang ilmu yang saudara pelajari yang telah dijelaskan weda jauh sebelum lahirnya pandangan para ilmuwan ?>
12.   Bayangkan bahwa saudara itu seorang pertapa dengan reputasi jujur di kalangan saudara, tinggal menyendiri bertapa di pedepokan saudara.  Saudara sakiskan ,Tiba-tiba datang seorang saudagar kaya, bersembunyi dipedepokan saudara, karena ia di kejae-kejar para perampok yang hendal merampok dan membunuhnya. Pada saat perampok datang dan menanyakan perihal keberadaan pedagang tersebut, bagaimana respons saudara, jelaskan dan beri alasannya!.

0 comments:

Posting Komentar