Senin, 22 Februari 2016

Kisi-kisi Soal UAS Agama Hindu

  1. Budaya Hindu sangat mempengarhui budaya nasional Indonesia. Menurut saudarara kenapa hal itu bisa terjadi, jelaskan pendapat sudara;
  2. Pemasalahan hukum dalam perkawinan umat  Hindu, lebih banyak dalam penyelesaiannya dengan hukum adat, dan hukum perkawinan nasional. Bagaimana pendapat saudara tentang masalah ini, dan ketidak adaan Pengadilan Agama Hindu sampai saat ini.
  3. Implementasi pelaksanaan ajaran Hindu dilakukan dengan upacara atau Yadnya. Menurut Saudara dari ke lima yadnya dalam Panca Yadnya yang mana yang paling utama untuk dilaksanakan, bila ternyata ada beberapa harus dilaksanakan sedangkan persiapannya terbatas.
  4. Peradaban Hindu lama mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia. Coba saudara jelaskan pengaruh Hindu dan peranan Hindu dalam perpolitikan di Indonesia. Apa peran ajaran agama Hindu dalam pergerakan kemerdekaan.
  5. Masyarakat Madani merupakan masyarakat ideal, yang diidamkan masyarakat yang beradab. Coba saudara jelaskan apa yang saudara ketahui tentang masyarakat , jelaskanlah komponen komponen masyarakat madani tersebut.
  6. Weda merupakan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi, dan weda telah memuat apa yang kemudaian menjadi temuan dalam iptek. Coba saudara jelaskan mengapa weda dikatakan melampaui jauh zamannya, dan weda merupakan ajaran yang sangat futuristik
  7.  Hindu mengakui persamaan gender antara lelaki dan perempuan. Namun dalam impelementasinya terkadang melenceng. Coba saudara jelaskan bagai mana persamaan itu disebutkan dalam weda, dan kenapa kemudian terjadi penyimpangan.
  8. Dalam masalah pemberantasan korupsi Hindu sudah melakukan sejak zaman kerajaan Medang Kemulan di Jawa. Bisakah saudara ceritakan bagaimana ajaran Hindu menangkal terjadinya perbuatan korupsi?
  9. Hindu Alukta, Hindu yang berkembang di Suawesi Barat, dikenal sampai saat ini melaksanakan Hukum Hindu, yang mengutamakan azas: Keadilan, kemanusiaan, kekeluargaan, sosial. Dapatklah saudara jelaskan secara ringkas bagaimana Hukum Hindu diterapkan pada komunitas Hindu Alukta tersebut?.
  10.  
  11. Bahan Ujian Pendidikan Agama Hindu, untuk UAS 2016 di fokuskan pada peran Agama Hindu dalam :
    1. Peran Hindu dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia;
    2. Peran Hindu dalam Hukum Positif di Indonesia;
    3. Ajaran Hindu dalam pemberantasan korupsi;
    4. Peran Agama Hindu dalam membangun masyarakat madani Indonesia;
    5. Pandangan Hindu dalam kesetaraan gender di Indonesia;
    6. Hubungan Hindu dengan kemajuan Iptek;
    7. Bagaimana Hukum Hindu mewarnai hukum postif di Indonesia.
  12.  

0 comments:

Posting Komentar