Senin, 08 Februari 2016

Prediksi UAS Fisika Batuan

Seperti telah di umumkan saat perkuliahan terakhir, maka UAS akan diberikan hanya 6 soal, dan wajib dikerjakan hanya 5 soal, dengan bobot sama untuk masing-masing soal, dengan distribusi sebagai berikut:

  1. Tentang Elastisitas. Saudara siapkan diri dengan melihat kurva elastisitas secara proporsional, dengan lebih fokus pada titik, garis dan area : titik pecah/patah, titik kekuatan maksimum, titik batas elastisitas, daerah hooke.s law. daerah plastis, regangan permanen serta dimana Hukum Hooke Berlaku. Lihat kembali soal UTS dan Softcopy presentasi yang dikirim lewat email kelas.
  2. Porositas , Densitas dan Permeabelitas : Coba saudara camkan definisinya, arti fisis dari besaran Physical Properties of Rock (PoP)  ini. Terus saudara hubungkan pengaruhnya dengan kecepatan gelombang seismik. Dan kondisi physic, kimiawi dan lingkungan batuan yang memp;engaruhinya.
  3. Gelombang Seismik. Camkanlah Hubungan spesifik antar kecepatan gelombang yang sering dijadikan acuan dalam mem[rediksi gempabumi. Dikaitkan dengan rentang dan perubahan Posson Ratio, bagaimana rentang Rasio Vs/Vp. Saudara lihat kembali Soal Remedial UTS,
  4. Tolong dapat di mengerti apa itu konstanta slowness dalam perambatan gelombang dalam lapisan batuan, apa kegunaannya, parameter PoP yang berkaitan dengannya. Apa hubungannya dengan persamaan Zopreitt.
  5. Jelaskan perbedaan jejak osilasi dari Gelombang P, Gelombang S, Gelombang R, Gelombang L dikaitkan dengan pelapisan batuan dan perambatan masing masing gelombang.
  6. Geolistrik. Camkanlah elektrolit dalam batuan yang mempengaruhi kelistrikan batuan, pembangkit potensial listrik pada batuan. Kegunaan umum geolistrik dikaitkan dengan batuan, Serya PoP apa saja yang mempengaruhi resistivitas.
  7. Georadioaktivitas. Jelaskan apa yang dimaksud dengan umur relatif dan umur mutlak batuan dikaitkan dengan metode yang digunakan dalam penentuan umur batuan. Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  8. Gaya Geser. Modulus elastisitas merupakan sebuah konstanta pembanding, bila dikaitkan dengan perubahan stres dan perubahan dimensi ( panjang, luas, maupun volume ) batuan. Dapatkah saudara memberikan rumusannya, dan menggambarkannya dalam sebuah kurva. Apa arti fisis dari setiap modulus tersebut. Kunci : Modulus Young, Modulus Geser dan Modulus Bulk.
  9. Dalam melihat kontras densitas batuan pada suatu area, dilakukan dengan survey / pengkuran gravitas. Besaran apa yang saudara ukur ditinjau dari besaran fisis dalam survey ini. Sebutkanlah algoritma kerja saudara dalam survey ini sampai mendapatkan peta sapsial atau sounding.
  10. Dalam pengkuran magnet bumi, kita mengenal PoP yang disebut sebagai suseptibuilitas. Jelaskan apa yang disebut sebagai suseptibilitas, dikaitkan dengan jenis-jenis magnet bumi, berikanlah rentang suseptibilitas ini
Selamat Mempersiapkan UAS. Semoga Nilai Kalian semua baik.

0 comments:

Posting Komentar