Rabu, 07 Desember 2011

Soal UTS Agama Hindu Akademi Meteorologi dan Geofisika

AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA

MATA KULIAH : AGAMA HINDU

UJIAN  TENGAH SEMESTER

DI KUMPULKAN 14 Desember 2011


1.       Sebagai dasar keimanan umat Hindu, dikenal Panca Crada. Menurut Saudara manakah Crada yang paling penting atau yang tidak penting dari ke lima Crada tersebut. Adakah Crada yang dapat di tinggalkan karena ke tidak pentingannya di bandingkan dengan Crada yang lain. Jelasakan bagaimana pendapat saudara.


2.      Sruti merupakan kitab suci ( pustaka suci ) Agama Hindu, merupakan wahyu  dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dibukunan, demikian pula Smreti juga merupakan pusata suci yang di tulis berdasarkan kebenaran yang telah teruji dan sesuai dengan ajaran dharma. Coba saudara jelaskan bagaimana posisi smreti di kaitkan dengan Sruti.


3.      Reinkarnasi merupakan kelahiran kembali, dengan misi kelahiran kembali untuk memperbaiki kharma kita dalam menuju kesempurnaan menuju mokhsa. Bagaimana hubungan reinkarnasi ini dengan Hukum Karma –Karma Phala-, terangkan pula jenis-jenis khKarma Phala tersebut.


4.      Seorang Siswa berada pada tahapan brahmacharya asrama, swadarmanya adalah menuntut ilmu, mempelajari dharma. Dikaitkan dengan Catur Purusa Artha, apakah seorang brahmacharya boleh menuntut artha maupun kama?, Jelaskan bagaimana pendapat saudara.



5.      Pada saat Ciwaratri diyakini bahwamalamnya merupakan malam tergelap diantara malam bulan baru (tilem), sehingga dilakukan persembahyangan, berpuasa dan mekemit di tempat suci. Menurut saudara apa makna dari bhakti maupun Jnana Yoga yang kita lakukan saat Ciwaratri tersebut.

 Catatan : Baca soal di atas dengan hati-hati, kemudian buat jawaban saudara secara lengkap.

0 comments:

Posting Komentar