Sabtu, 05 Mei 2018

Jenis soal-soal Fisika Batuan

  1.  Apa yang dimaksu dengan Physical Properties of Rock, coba saudara jelaskan dan berikan 5 contohnya.
  2. Sebuah sampel batuan berbentuk balok ujuran 2 x 4 x 8 cm, berisi batuan homogen dengan  butiran yang berbentuj bola seragam dengan diameter 1 cm, tersusun dengan sombu antar butiran persis vertikal dan horizontal. Hitunglah porositas sampel tersebut.
  3. Apa perbedaan sifat batuan yang homogen isotropik dengan batuan yang homogen nonisotropik. Berikan contah dengan gambar.
  4. Secara fisis densitas batuan bumi, semakin bertambah kedalaman secara umum akan bertambah densitasnya. Bagaimana hubungan antara densitas, kedalaman dan densitas - kecepatan gelombang seismik.
  5. Coba saudara gambarkan kurva hubungan antara stress dengan strain. Jelaskan pula dalam gambar dimana letak daerah Hooke, daerah plastis dan daerah pecah (fracture).
  6. Apa yang dimaksud dengan POisson Ratio batuan, apakah modulud ini mempengaruhi elastisitas batuan?.
  7. Apa yang dimaksud dengan slowness dan konstanta Zooprit. Dimana besaran ini digunakan.
  8. Coba saudara jelaskan perbedaan kharaktersitik antar gelombang badan dan gelombang permukaan. Jelaskan secara fisis kenapa gelombang permukaan relatif lebih merusak dibandingkan dengan gemombang badan.
  9. Dalam kurva stress strain, pada daerah elastis, yang menjadi proporsi atau gradien garis elastisitas disebut modulus elastisitas. Coba saudara jelaskan mengenai elastisitas ini untuk strain satu dimensi, dua dimensi dan tiga dimensi.
  10. Dapatkah saudara jelaskan metode yang digunakan untuk mengetahui variasi densitas batuan di lapangan secara spasial, horizontal maupun profile. Coba saudara jeaskan.
  11. Coba saudara turunkan secara vektorial kecapatan gelombang badan ( P dan S).
  12. Coba saudara kerjakan soal terkait stress strain yang melibatkan tulang para pemain sirkus yang pernah diberikan.
  13. Dalam penjalaran gelombang seismik kita ketagui bahwa akibat lapisan yang membentuk bumi menyebabkan lintasannya secara global tidaklah lurus, bagaimana pendapat saudara apakah hal ini juga berlaku pada sinar matahari saat melintasi atmosfer bumi. Coba saudara jelaskan, biar lebih mudah gunakan gambar.
  14. Modulus apa yang mengontrol kecarapan gelombang P dan S hingga dia hanya pusa kisaran rasio 0 - 70 persen untuk Vs/Vp.
  15. Coba saudara turunkan persamaan helomban R dan L 

0 comments:

Posting Komentar