Minggu, 26 April 2015

Fisika-2 Latihan 3



Fisika 2 Latihan 3.
Rapat massa

1.       Sebuah balok gabus dengan rapat massa 200 kg/m3, bila gabus tersebut dimasukkan di dalam air, berapa bagian dari balok gabus itu yang masuk ke dalam air. Rapat massa air 1 gr/cm3   (20 %)
2.       Sebuah balok di udara mempunyai berat 3 N, tetapi bila ditimbang di air mempunyai beratb 1,89 N. Tentukanlah jenis bahan tersebut dengan menghitung rapat massanya, kemudian di cocokkan dalam tabel massa jenis. ( aluminium)

Sudut Kontak, Kapilaritas.
3.       Tegangan permukaan air adalah 0,073 N/m,  bila sudut kontaknya 0 oberapakah kenaikan air pada pipa kapiler dengan jari jari 0.1 mm. (14,9 cm)
4.       Diketahui bahwa tegangan permukaan air raksa adalah 0,465 N/m dan sudut kontaknya 140 o ,  berada dalam mangkok. Pipa kapiler dengan jari jari 0,3 cm dimasukkan vertikal dalam air raksa. Berapakah ketinggian air raksa dalam pipa kapiler. ( -1,78 mm)

Hukum Kontinyuitas.
5.       Dalam pembuluh darah manusia yang berdiameter 0,6 cm darah mengalir dengan kelajuan 10 cm/s, darah tersebut kemudaian mengalir melalui pembuluh darah berjari jari 2 mm. Berapakah kelajuan aliran darah dalam pembuluh darah terakhir. ( 22,5 m/s)
6.       Air PAM mengalir pada horizontal dengan kecepatan 16 m/s, kemudian mengalir ke pipa dengan jari-jari setangah dari jari jari pipa sebelumnya. Berapa kecepatan aliran air PAM pada pipa terakhir. ( 4 m/s)

Hukum Bernoulli.
7.       Sebuah tanggki air mempunyai lubang kecil pada dinding di dasar tangki berjarak h dari permukaan air, Tentukanlah kecepatan air keluar drai lubang tersebut. (v = V2gh)
8.       Air mengalir melalui pipa dengan kelajuan 4 m/s pada tekanan 200 kPa. Pipa menyempit menjadi separuh diameter mula-mula. Hitunglah : a. Kelajuan air dalam pipa yang sempit, dan b. Hitunglah tekanan air di bagian yang pipa yang kecil. ( 16 m/s; 80 kPa)
SSelamat Mencoba.


Untuk Taruna/taruni smt II, Klim, Geof, dan Inst coba saudara coba kerjakan soal-soal diatas, nanti akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Soal-soalnya sangat sederhana


0 comments:

Posting Komentar