Minggu, 14 Januari 2018

Soal Latihan Fisbat untuk UAS 2018



Soal-soal Fisika Batuan.
1.       Coba saudara jelaskan kelebihan dan kekurangan dari  metode Schlumberger dan metode Wenner, dalam pengukuran resistivity.
2.       Dalam sebuah survey di lakukan metode seismic, di temukan dua lapisan yang mempunyai kontras density. Bila diketahui slowness dari lapisan disana, apakah saudara bisa menentukan densitas setiap lapisan<. Jelaskan.
3.       Dalam pendugaan umur batuan dilakukan berdasarkan umur relative, apa yang dimaksud dengan umur relative, setelah di temukan cara dengan metode radioaktivitas kemudian peneliti lebih memilih metode terakhir. Coba sebutkan alasannya.
4.       Apa yang dimaksud dengan suseptibilitas. Sebutkan jenis-jenis batuan ditinjau dari sifat kemagnetannya dan sebutkan rentang suseptibilitasnya.
5.       Dalam upaya prediksi gempabumi dilakukan pengukuran PPoR dari batuan, sebutkan tiga saja dan bagai mana perubahannya.
6.       Dreen Flash merupakan salah satu fenomena yang teramati saat Gempa Mexico akhir tahun lalu. Coba saudara jelaskan apa penyebab terjadinya fenomena tersebut diakykan dengan proses energy stress drop pada batuan yang terdeformasi.
7.       Dalam pengamatan pada sumur control sepanjang sesar di Sesar San Andreas  teramati ada peningkatang maupun penurunan permukaan air pada sumur control. Jelaskan teori yang mendukung sehingga bisa terjadi fenomena tersebut.
8.       Coba saudara jelaskan teori delatansi dalam defoemasi batuan. Sifat fisi apa yang teramati sebagai indicator adanya proses delatansi menjelang terjadinya gempabumi atau pada saat ada daerah yang terdeformasi,
9.       Proses rotasi bumi pada sumbunya ternyata mempengarui besar gaya gravitasi, sehingga gravitasi teoritis di kutub dan di khatulistiwa berbeda. Coba sau jelaskan prosesnya, dan peristiwa mana yang menyebabkan perbedaan tersebut. Minimal ada 3 perubahan g.
10.   Coba saudara jelaskan respon dari jenis batuan : homogeny, semi homogeny dan heterogen terhadap stress yang diberikan padanya. Bagaimana kaitannya dengan tipe gempa yang di buat K Mogi.
11.   Coba saudara uraikan dan gambarkan kurva, hubungan antara : a). kecepatan gel seismic dengan densitas, b) Hubungan kecepatan gel seismic dengan suhu, dan c) Hubungan kecepatan gel seismic dengan tekanan.
12.   Secara fisis gelombang S tidak melewati lapisan air. Coba saudara jelaskan secara matematis, dan parameter mana yang membuat nilai kecepatan sama dengan nol.
13.   Jelaskanlah perbedaan dari Earthquake Forecasting dan Earthquake prediction, ditinjau dari parameter batuan yang dijadikan indicator.
14.   Massa 500 kg digantungkan pd kawat baja 3 m yg luas penampangnya 0,15 cm2. Brpkah pertambahan panjang kawat? Bila Ybaja = 20×1010 N/m2
15.   Coba saudara jelaskan bagaimana distribusi  koefisen refleksi dan Refraksi pada saat sudut datang mencapai sudut kritis,

0 comments:

Posting Komentar