Kamis, 23 Februari 2012

SOAL REMIDI Akademi Meteorologi dan Geofisika, Tingkat I/ Smt. I

MATA KULIAH : AGAMA HINDU
REMIDI UNTUK PERBAIKAN NILAI

1.   Panca Crada dikenal sebagai dasar keimanan umat Hindu. Menurut Saudara manakah Crada yang paling penting atau yang tidak penting dari ke lima Crada tersebut. Adakah Crada yang dapat di tinggalkan karena ke tidak pentingannya di bandingkan dengan Crada yang lain. Jelasakan bagaimana pendapat saudara.

2.   Sruti merupakan kitab suci ( pustaka suci ) Agama Hindu, merupakan wahyu  dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dibukukan, demikian pula Smreti, merupakan bagian pusata suci yang di tulis berdasarkan kebenaran yang telah teruji dan sesuai dengan ajaran dharma. Coba saudara jelaskan bagaimana posisi smreti di kaitkan dengan Sruti.

3.   Ramayana dan Mahabharata merupakan dua epos besar, oleh umat Hindu dianggap sebagai Itihasa. Zamannya memperlihatkan adanya perubahan paradigma pemikiran implementasi  dharma dalam Mahabharata bila dibandingkan Ramayana. Coba saudara uraikan dengan singkat apa saja yang menjadi perbedaan antara keduanya

4.   Dalam persembahayangan, secara umum kita melakukan panca sembah, jelaskan tahapan dan tujuannya masing-masing.

5.   Sangat banyak perbedaan yang terlihat dalam implementasi keagamaan Hindu di Bali bila dibandingkan dengan Hindu di India, menunjukkan bahwa agama Hindu diimplementasikan oleh umatnya dalam peribadatan sangat dinamis. Bagaiman pendapat saudara tentang hal ini, jelaskan!.

Catatan : Baca soal di atas dengan hati-hati, kemudian buat jawaban saudara secara lengkap.

0 comments:

Posting Komentar