Senin, 07 Januari 2013

KUMPULAN SOAL AGAMA HINDU


KUMPULAN SOAL AGAMA HINDU


  1. 1.       Moksa, merupakan salah satu crada yang menjadi keyakinan saudara sebagai umat Hindu, disamping menjadi tujuan hidup . Coba saudara jelaskan maksud dan cara-cara yang mungkin dapat sudara lakukan sebagai ibadah dalam upaya mencapainya.
  2. 2.       Epos  Ramayana dan Mahabharata, merupakan Itiasa, bagian dari Pustaka Suci Weda. Coba saudara jelaskan persamaan dan perbedaaan antara kedua Itiasa tersebut dalam menyebarkan dharma.
  3. 3.           Salah satu penmgikat kembali manusi mengalami Reinkarnasi adalah Karma nya sendiri. Menurut Saudara apa makna pernyataan itu. Jelaskan.
  4. 4.       Tentang bentuk bumi yang bulat, berotasinya bumi dalam sumbunya, serta berevolusinya bumi mengitari matahari telah dijelaskan dalam weda. Banyak ilmuwan mengatakan bahwa Weda telah maju jauh melebihi zamannya. Weda itu sangat futuristic dalam Fisika, termasuk teori dualism cahaya. Apa maksudnya disini bahwa Weda itu sangat Futuristik.
  5. 5.          Ber ‘dana punia” merupakan salah satu implementasi darti Tat Wam Asi, serta salah sati ibdah yang tinggi nilainya. Bagaimana pendapat saudara tentang dana punia, dan apa saja yang patut kita punia kan sebagai umat yang memiliki  dan menguasai pengetahuan dan teknologi.
  6. 6.         Sebagai umat Hindu kita lebih dituntut Kewajiban Azasi, bukan Hak Azasi. Jadi kita diwajibkan untuk selalu melaksanakan ajaran dharma, dan selalu berbuat baik. Masalah hasil sebagai hak kita melakukan kewajiban diserahkan kepada keputusam Ida Sang Hyang Widhi. Dalam proses Hak dan Kewajiban ini menurut saudara apakah ada pengaruh dari karma-karma kita?. Jelaskanlah.
  7. 7.          Coba saudara jelaskan dan buat link an match kan antara Catur Asrama, sebagai tahapan hidup dengan Catur Purusa Artha , sebagai tujuan hidup umat hindu.
  8. 8.            Banyak persepsi umat Non Hindu, terhadap ke esaan Tuhan yang di sembah umat Hindu. Coba saudara jelaskan bahwa Hindu itu Monotheisme, dikaitkan dengan sebutan Ida Sang Hyang Widhi, Dewa, Bhatara.
  9. 9.       Budaya dalam persepsi Hindu, dikatakan bahwa agama itu merupakan inti dari budaya. Bagaimana pendapat saudara, coba saudara jelaskan.
  10. 10.   Ngaben, merupakan salah satu upacara Pitra Yadnya. Dari segi ekonomi Ngaben telah berfikiran sangat jauh kedepan, bila dikaitkan dengan mahal dan kelangkaan tanah saat ini.

----------------------------------------------------------------------- Bukit JImbaran, 7  Januari 2013--

0 comments:

Posting Komentar